Firewall: Mengapa Perlu Firewall?

 MUNGKIN SAJA yang terjadi adalah Anda merasa terganggu  dengan pertanyaan/konfirmasi yang sering ditampilkan software  firewall saat Anda bekerja, atau pusing dengan konfi gurasi  fi rewall yang rumit, atau malah beberapa fungsi yang Anda  butuhkan terblokir oleh firewall. Gawatnya lagi, Anda tidak  tahu bagaimana menonaktifkan pemblokirannya. Kalau sudah  begini kasusnya, fi rewall justru menjadi bumerang yang mengganggu  sistem Anda sendiri. Untuk itu, mari menyisihkan sedikit  waktu untuk memahami konsep bagaimana fi rewall bekerja,  sehingga Anda dapat menggunakan dan memanfaatkannya  sebaik mungkin.
Mengapa Perlu Firewall?  
             Saat Windows XP Service Pack 2 dirilis pada tahun 2004, pengguna  mulai dikenalkan dengan Windows Firewall. Walaupun  tidak serta merta setiap pengguna mengetahui apa fungsinya,  yang jelas hal tersebut menunjukkan semakin pentingnya  memperhatikan isu keamanan, bahkan pada sebuah komputer  desktop/personal komputer.  
             Firewall yang terpasang pada komputer pribadi Anda, baik  yang merupakan fungsi bawaan dari sistem operasi yang Anda  gunakan atau sebuah software fi rewall terpisah, merupakan  suatu tools yang berusaha mengamankan sistem Anda dari  ancaman luar.  Jadi, Anda tidak memerlukan fi rewall jika komputer Anda tidak  terhubung dengan  dunia luar , alias jaringan Internet/Intranet.  Tetapi mungkinkah itu? Sementara, saat ini kegiatan pengguna  komputer pada umumnya, seperti e-mail, chat, browsing, game  online/jaringan dan seterusnya, mengharuskan komputer Anda   bersosialisasi .

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Koment